Minggu, 16 Maret 2014

Wajib tau : Layout blog keren, hebat bloger apa template desainernya


Hallo, pada kesempatan ini saya inggin berbagi pengetahuan seputar blogging, khususnya pada desain atau layout blog.
Banyak sekali desain layout blog yang keren dan fantastic, mulai dari desain tiga kolom maupun yang dua kolom. Jadi masalahnya pernahkah kalian bertanya bagaimana cara blogger tersebut men-desain layout tersebut? apakah setiap blogger itu menguasai dasar-dasar pemograman website ataupun HTML? sedangkan yang kita tau, sebuah blog dapat dengan mudah dibuat dan gratis. Ya pada awal saya membuat blog, layout yang saya gunakan merupakan bawaan dari blogger dan tampilannya masih sederhana sekali, untuk lebih jelasnya inilah tampilan awal blog saya

Masih sederhana sekali bukan? tapi untungnya blogger masih memberikan fasilitas "Sesuaikan" pada menu template yang memberikan kebebasan mendesain layout tadi dan......tetap saja tampilan yang telah di "Sesuaikan" tadi masih belum bisa dibilang WOW. Dan setelah beberapa tahun blogging masih muncul pertanyaan seputar layout blog di benak saya :
- Bagimana sih cara membuat tampilan blog jadi keren?
- Bagimana sih cara membuat tampilan blog jadi tiga atau dua kolom?
- Bagimana sih cara merubah tampilan blog ?
- Ada tidak sih software pembuat template blog?

Setelah googling kesana-kemari akhirnya saya tau, para blogger yang mempunyai layout keren itu ternyata menggunakan TEMPLATE dari orang lain. Apa itu template? Template adalah pola dari sebuah website yang sudah didesain dan disiapkan jadi, tinggal pakai, tinggal edit sedikit lalu upload maka website sudah jadi dan bisa dinikmati oleh banyak orang.
Sebenarnya cakupan template tidak hanya pada website saja, melainkan bisa file photoshop, after effect, corel draw, dan lain-lain. Jadi kita kembali lagi ke template blog, memang benar rata-rata blogger itu menggunakan template dan sudah menjadi rahasia umum bahkan saya sendiri juga menggunakan template tapi bukan berarti semua blogger menggunakan template dari orang lain, masih banyak blogger hebat yang memiliki pengetahuan tentang website membuat desain blognya sendiri.
Lalu adakah aplikasi yang khusus untuk mendesain template blog? sejauh yang saya ketahui memang ada aplikasi seperti itu tetapi masih memberikan fitur yang kurang dalam hal pengeditan. Tetapi masih ada aplikasi yang berkompeten dalam hal mendesain dan juga sekaligus memberikan fitur pemograman web pada template, ya aplikasi itu adalah Dreamaver.
Pada kesempatan yang lain saya akan membahas secara khusus tentang Dreamaver, tapi sebelum ditutup, saya akan memberikan beberapa referensi website yang memberikan TEMPLATE blog keren dan GRATIS :
- Link satu
- Link dua
- Link empat
- Link lima
- Link enam
Lalu bagimana cara menggunakan template tersebut kedalam blog?
Bagaimana cara merubah logo header, navbar, tata letak, dan elemen lain yang ada pada template untuk diterapkan pada bloger? Kita akan membahasnya pada lain waktu.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar